Upacara otonan anak di bali Gede Blog

Rabu, 28 Oktober 2015

Upacara otonan anak di bali

Hari ini kerumah nyama untuk Upacara otonan anak di bali . Upacara otonan adalah upacara menurut adat bali yang jatuhnya setiap 6 bulan kalender masehi. Masing masih daerah di bali memiliki keunikan tersendiri tentang otonan ini. Kalau di daerah Denpasar otonan untuk anak yang pertama kali nya dilaksanakan dengan upacara besar . Mengundang sulinggih / pendeta Bali untuk muput karya nya.

Kalau di daerah Badung antara kerobokan dan sekitarnya upacara yang besar adalah upacara 3 bulanan. Ngangkid ke pantai, bisa jadi biayanya mencapai puluhan juta. Kesadaran masyarakat Bali untuk menghormati budaya adat istiadat tersebut memang membuat bali kaya akan culture budaya. Inilah yang membuat Bali terkenal akan Budayanya, hingga sampai ke manca negara.

Tapi yang perlu diperhatikan disini dalam Upacara otonan anak di bali adalah mengenai Biaya yang menjadi beban. Saya menyarankan agar pihak PHDI pusat ikut memikirkan tentang penyederhanaan upacara, yang akan berdampak juga pada pengiritan biaya. Seperti apa yang kita bisa lihat bersama terkadang sumber keuangan untuk budaya Bali adalah dengan menjual tanah warisan!!!

Related Posts

Upacara otonan anak di bali
4/ 5
Oleh