15 keunggulan menggunakan Blogspot blogger Gede Blog

Senin, 27 Juni 2016

15 keunggulan menggunakan Blogspot blogger

Berikut ini 15 keunggulan menggunakan Blogspot blogger dot com. Sudah sejak lama dan sampai tahun lalu banyak blogger yang menggunakan Wordpress sebagai platform dalam nge blog. Dan memang kita akui bahwa wordpress memiliki banyak keunggulan, tapi tunggu dulu... Blogger.com adalah anak perusahaan dari Google.com, dimana anda sering ngetik untuk mencari sesuatu secara online. Ibarat Ayah, ... masak anak sendiri di biarin kalah sama anak tetangga, he he he. Coba anda bandingkan sekarang, di mesin pencarian google ... Akan banyak anda temukan blog dengan platform blogger.com alias blogspot banyak beredar dan nangkring di halaman pertama google ... Baiklah kita ketahui apa itu blogger :
15 keunggulan menggunakan Blogspot blogger
Gede Blog

Apa itu Blogspot blogger

Blogger adalah salah satu platform nge blog yang sudah diakusisi oleh Google pada tahun 2003, sebelumnya blogger.com dikembangkan oleh Pyra Labs, salah satu perusahaan asing yang jago peng kode an. Sampai tahun 2010, hosting dari blogger.com pindah hosting ke google server. Jadi, peringkat di mesin pencarian dijamin pasti bagus sekarang.

Tahukah anda , ?? ... saya aja baru tahu, kalau sekarang mesin pencarian google merubah seluruh algorithm dalam mesin pencarian. Katanya pagerank sudah Mati, tidak ada fungsi lagi... Sekarang yang dipakai oleh Google adalah Hummingbird Machine . Atau dengan istilah Rank Brain, jadi tingkat intelegensia dari google sekarang lebih wahid ... Pagerank diganti dengan RankBrain.

Coba saja anda Search di google, Who is Obama, maka akan muncul di urutan pertama adalah Biografi dan foto dari obama. Coba anda masih ingat kalau nge search nama orang tempoe doloe, nggak seperti sekarang kan ?

Berikut ini 15 keunggulan menggunakan Blogspot blogger : 


1. Benar benar GRATIS

Menggunakan blogspot blogger.com benar - benar GRATIS tanpa embel - embel iklan. Domain GRATIS, walaupun menggunakan dot blogspot. Hosting GRATIS, artinya kita tidak perlu sewa hosting server berbayar. Kalau kita menggunakan layanan Wordpress Gratis, maka akan muncul iklan pada sebelah bawah setiap article yang kita publish.

2. Blogger Gampang digunakan

Keunggulan blogspot adalah sangat mudah untuk digunakan, tidak ribet dan tidak sulit. Tidak perlu mengenal bahasa pemrograman, tidak perlu tahu Script / java code. Anda tinggal buat email di google, dan setelah itu anda sudah bisa masuk ke account blogger.com menggunakan account email google anda.

Kemarin anak saya yang baru kelas 6 SD saya buatkan satu blog, dan sampai saat ini dia tidak ada mengalami kesulitan dalam penggunaannya.

3. Fully customize

Anda bisa merubah ukuran dari templates yang anda gunakan. Mau perlebar atau persempit bisa dengan mudah merubah berapa pixel backround yang akan ditampilakan di halaman pertama. Merubah warna, merubah letak widget, merubah footer, dan merubah style dari huruf yang akan anda gunakan dalam penulisan article.
15 keunggulan menggunakan Blogspot blogger

4. SEO dan SEF

Memang awalnya blog dengan nama blogspot di belakangnya agak susah dalam mengelola SEO ( search engine optimization ) dan SEF ( search engine friendly ) hal tersebut kira kira terjadi 2 sampai 3 tahun yang lalu. Kalau menggunakan wordpres anda bisa tinggal meng install plugin yang ada, tapi di blogger.com anda tidak akan menemukan plugin apapun. ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam SEO blogpsot, baca ini ya : cara optimasi SEO blogspot

Yang terpenting adalah buat Niche menarik, artikel menarik, fast loading di Handphone dan PC browser.

5. Nama Blogspot bisa ganti nama domain

Sekarang ini nama yourname.blogspot.com dapat anda rubah ke domain yang anda punya. Bisa www.domainanda.com tanpa lebel belakang blogspot nya. Hal ini akan membuat anda tenang dan nyaman dalam membuat blog, karena kalau kita ambil jeleknya dulu, misalkan blogspot.com account kita di banned ( kena sanksi ) oleh google, maka kita bisa save di nama domain yang kita miliki www.domainanda.com .

6. Terintegrasi dengan layanan Google lainnya

Dengan memakai satu account yaitu registrasi email di google, selain anda dapat meng akses blogger.com , anda juga akan dapat meng akses google adsense, google drive ( tempat penyimpanan data ) , google maps ( tempat anda untuk melihat peta lokasi ) , google sheet, google adwords, google+, google docs dan masih banyak lagi layanan google lainnya.

7. Bisa banyak Authors

Dengan memakai blogger .com sebagai blog platform anda , anda dapat mengundang ( invite ) lewat email ke orang orang yang ingin anda ajak kerja sama dalam pembuatan article, Author A dan Authors B bisa membuat artikel pada tempat dan waktu yang berbeda , tanpa merubah setting awal blog anda. Jadi anda bisa dengan mudah untuk meng invite temen - temen anda sendiri.

8. Blogger memiliki banyak Widget

Keunggulan blogspot blogger lainnya adalah tersedianya banyak widget pada blogger dashboard anda, misalkan POPULAR BLOG, Archives, date, dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu anda juga bisa menambahkan widget hasil karya anda sendiri, wah kalau yang ini sudah pasti jago coding nya.

9. Bisa Nge Blog VIA smartphone

Seperti  apa yang saya sampaikan diatas, menggunakan blogspot sangat mudah dan gampang. Sekarang ini dengan adanya blogger aplikasi di playstore ( bagi pengguna Android ) dan App store ( bagi pengguna Iphone ) dapat anda download langsung guys.. Setelah download, langsung login pakai accound google mail anda, simple tinggal ketik dah.. Dengan menggunakan aplikasi ini , anda dapat nge blog dimanapun dan kapan pun, tanpa harus menghidupkan komputer dirumah. Misalkan sedang servis motor, sambil nunggu anda bisa membuat 2 sampai 3 artikel lho, ... he he hi itupun kalau dealar nya rame...

10. Blogger Templates banyak

Blogspot blogger templates sekarang ini sudah banyak yang bertebaran di Internet, anda tinggal tanya di om google. Blogger templates ada yang berbayar dan ada yang GRATISAN. Kalau menurut saya anda lebih baik gunakan yang Gratisan dulu, itupun kalau anda pemula ya ... he he he kalau anda sudah matang ( expert ) anda bisa membuat blogger template sendiri. Cara membuat blogger template akan saya bahas pada artikel selanjutnya ya ...

11. Blogspot bisa pake https

Nah ini yang menarik bagi saya, saya lebih baik tidak mengganti nama domain dan membiarkan label blogspot ada di belakang nama blog saya. Karena baru baru ini google telah melangsir berita, bahwa dalam google index, google akan mengindex blog / website yang menggunakan https terlebih dahulu ketimbang blog / website yang hanya menggunakan http . https adalah kepanjangan dari Hyper Text Transfer Protocol Secure . Maksudnya dalah dengan adanya s berarti blog / website anda sudah secure ( aman ) untuk user ( pengguna / pembaca )

12. Sitemap.xml ready

Akhirnya satu tahun yang lalu blogger.com berbenah diri, blogger telah membuat automatic sitemap bagi setiap pengguna blogspot. kalau di wordpress kita dengan mudah memakai sitemap pluggin, tapi di blogger.com dulu sangat susah sekali kita menerapkan sitemap ini, bahkan ada yang menggunakan atom, ada yang menggunakan rss, ada yang menggunakan feedburner dan masih banyak lagi lainnya. Tapi tahun 2015 blogger telah berbenah, blogger telah memasang automatis sitemap, jadi anda bisa dengan mudah memasang sitemap.xml ini pada robot.txt. Caranya dengan mengklik Setting pada blogger dashboard, kemudian click search preference, setelah itu edit on custom robot.txt, seperti pada gambar dibawah ini ya :
Setelah itu segeralah daftar sitemap anda di google webmaster

13. Share button ready

Idih pegel juga ya nulis, sudah 1 jam lebih saya nulis artikel ini .. he he hehe. Nah kalau untuk tombol share juga sudah ready di dashboard blogger anda. Tinggal cari di Layout, kemudian cari edit blog post, dan centang kolom yang ada show share buttons nya,
Ada fasilitas kirim artikel anda via email, re blog artikel anda, share di twitter, share di facebook, share di pinterest, share di google+

14. Bisa ganti Permalink

Dalam mesin pencarian google, penentuan URL link halaman anda sangat penting. Sekarang anda bisa merubahnya sendiri seperti pada gambar dibawah ini. Anda bisa menemukan tempatnya ganti Permalink di sebelah kanan tempat anda nulis artikel. Dalam merubah permalink usahakan untuk menghilangkan kata kata stop word ( yaitu kata sambung ) seperti misalkan yang, di, dan, adalah, dan lain sebagainya.

15. Bisa buat contact form sendiri

Jikalau dulu kita menggunakan 123form.com untuk membuat kontak form, sekarang blogger telah menyiapkan nya dengan gratis. Seperti apa yang saya katakan sebelumnya, bahwa blogger.com yang merupakan anak perusahaan dari google, akan melakukan banyak perubahan - perubahan untuk melawan saingan terberatnya wordpress. Nanti pada artikel tersendiri saya akan jelaskan bagaimana cara menempatkan contact form pada halaman blogpsot anda.
15 keunggulan menggunakan Blogspot blogger

Nah dari 15 keunggulan menggunakan Blogspot blogger tersebut diatas, yang telah saya paparkan panjang dan lebar ( luas kubus ) diatas, masihkan anda mengganggap bahwa blogspot ketinggalan kereta ?

Menggunakan blogspot blogger sebagai langkah awal bagi pemula sangat saya sarankan, karena anda tidak pelu mengeluarkan uang satu sen pun, yang perlu anda keluarkan adalah semangat berbagi bagi saudara - saudara kita, semangat menulis untuk nusa dan bangsa ini.. ( sampai berbusa jari tangan saya )

Kalau anda sudah mengetahui keunggulan menggunakan blogspot blogger, maka langkah selanjutnya adalah belajar panduan berbisnis online.

Sumber tulisan saya ini : Why blogger is better

Related Posts

15 keunggulan menggunakan Blogspot blogger
4/ 5
Oleh

6 comments

Senin, 27 Juni 2016 pukul 21.41.00 WITA delete

yang terpenting menurut saya, mungkin bisa dimasukkan kedalam nomor 16 adalah : mudah mendaftar Adsense :D

Reply
avatar
Senin, 27 Juni 2016 pukul 22.00.00 WITA delete

Sdh di item no.6 agan master arif... btw, apa nama blog agan?

Reply
avatar
Selasa, 28 Juni 2016 pukul 10.54.00 WITA delete

tapi jujur saya masih lebih suka pake wordpress gan, heheh..

Reply
avatar
Kamis, 30 Juni 2016 pukul 18.25.00 WITA delete

Saya juga pakai wp untuk yang ini gan, he he he : https://baliprorealty.com

Reply
avatar