Tirtayatra ke Gunung Semeru Gede Blog

Sabtu, 25 Juni 2016

Tirtayatra ke Gunung Semeru

Banyak travel agen yang menyediakan jasa Tirtayatra ke Gunung Semeru . Kami dari LPD Desa sesetan dan pengurus kebendesaan mengadakan tirtayatra ke Jawa timur. Perjalanan dimulai dari depan pura desa Sesetan, kumpul jam 5 pagi. Berangkat naik 3 unit Bis besar, kami sarapan pagi di daerah negara kurang lebih 4 jam perjalanan. Setelah itu nyebrang dari pelabuhan Gilimanuk ke Ketapang, kemudian lanjut lagi ke pura blambangan.

Sebelumnya mari kita mengtahui :

Apa itu Tirtayatra

Tirtha-yatra berasal dari bahasa sansekerta yaitu kata tirtha dan yatra. Tirtha artinya air suci, air kehidupan, Yatra artinya tempat suci yang mempunyai air suci. Tirtha dapat juga berarti orang-orang suci, sebab orang-orang suci umumnya berada di tempat-tempat suci yang ada air sucinya. Atau, orang-orang suci juga disebut sebagai tirtha karena orang-orang suci mempunyai kekuatan suci untuk menyucikan orang,  Di Bali tirta berarti air suci yang sudah dimohonkan kepada Tuhan yang mana sudah menjadi wangsuh dari tuhan dan sudah mendapat berkat dari Tuhan.

Tirtayatra dalam bahasa sehari-hari di Bali dipahami dengan tangkil atau sembahyang ke pura-pura. Tirtayatra tertulis dalam Kitab Sarasamuscaya 279 yaitu keutamaan tirtayatra itu amat suci,

Adapun tempat-tempat suci untuk melaksanakan Tirtayatra di Bali antara lain pada pura-pura Kahyangan Jagat yaitu :
  1. Pura Lempuyang luhur, terletak di Karangasem tempat untuk memuja Sang Hyang Isvara.
  2. Pura Andakasa, terletak di Kabupaten Karangasem tempat memuja Sang Hyang Brahma.
  3. Pura Watukaru terletak di Kabupaten Tabanan, tempat memuja Sang Hyang Mahadeva.
  4. Pura Batur terletak di Kabupaten Bangli tempat untuk memuja Sang Hyang Visnu.
  5. Pura Goalawah terletak di Kabupaten Klungkung tempat untuk memuja Sang Hyang Mahesvara.
  6. Pura Uluwatu terletak di Kabupaten Badung tempat untuk memuja Sang Hyang Rudra.
  7. Pura Gunung Mangu terletak di Kabupaten Badung tempat untuk memuja Sang Hyang Sankara.
  8. Pura Besakih (Penataran Agung) tempat memuja Sang Hyang Sambhu dan sekaligus juga tempat memuja Sang Hyang Tri Purusa
Lanjut lagi ...

Tirtayatra ke Gunung Semeru

Setelah melakukan persembahyangan di pura Blambangan kami istirahat sejenak sekalian makan siang. Setelah itu lanjut ke Pura Alas Purwo, masuk ketengah hutan lindung. Belum ada PLN masuk ke Pura, pengempon pura menggunakan Genset untuk penerangan. Tiba Sudah sore kami lanjut persembahyangan, dan slesai kira kira pukul 7 malam.

Acara Tirtayatra ke Gunung Semeru kami lanjutkan ke Pura Gunung Raung. Setelah tiba kurang lebih pukul 11 malam kami lanjut makan malam. Dan Setelah itu langsung meluncur ke Gunung Semeru.

Tirtayatra ke Gunung Semeru sangat seru dan menyenangkan. Kami umat sedharma sering melakukan Tirtayatra ke beberapa pura yang ada diluar pulau Bali, sambil jalan jalan guys...
Setiba di Pura Luhur Gunung Semeru kira kira pukul 4 pagi, kami menyewa kamar yg sudah disediakan oleh penduduk setempat. Lumayan sewa kamar sampai pukul 6 pagi aja udah kena 50 ribu.

Dengan keberadaan Pura Gunung Semeru ditengah tengah penduduk yang mayoritas beragama muslim, kami berharap penduduk sekitar pura juga ikut menjaga dan mendapatkan penghasilan yang lumayan. Perbedaan agama bukan menjadi kendala, yang penting kita bisa hidup rukun berdampingan.