Cara optimasi SEO blogger pemula Gede Blog

Jumat, 10 Juni 2016

Cara optimasi SEO blogger pemula

Berikut ini saya sampaikan sedikit informasi tantang Cara optimasi SEO blogger pemula . Bagi anda yang baru mengenal blogger, atau yang baru belajar membuat website , optimasi SEO untuk pemula ini sangat penting dan wajib di ketahui terlebih dahulu, sebelum melangkah lebih lanjut.

Cara optimasi SEO blogger pemula

Gede Blog

Optimasi yang akan saya bahas di bawah adalah cara SEO on page ( internal ) dalam artiannya SEO yang anda lakukan terhadap halaman dari blog anda sendiri. Halaman blog anda perlu juga di oprek oprek sedikit. Walaupun anda tidak mengetahui bahasa pemrograman seperti saya, tapi SEO on page menjadi sangat penting untuk mendapatkan ranking terbaik di mesin pencarian google.

Kenapa perlu SEO ?

Kenapa blog yang anda buat memerlukan SEO . Baiklah anda harus tahu dulu apa itu SEO, SEO adalah singkatan dari Search engine optimization , kalau dibahasa indonesiakan SEO adalah sebuah proses yang menyebabkan website / blog atau halam blog anda tampil di halaman mesin pencarian google. Jika anda menguasai tehnik tehnik SEO maka, tidak mustahil blog anda akan mendapatkan urutan pertama di mesin pencarian google, cara ini sering disebut dengan Pencarian Organic / natural . Dengan berhasilnya blog anda mendapatkan urutan pertama / minimal tampil pada halaman pertamalah, makan pengunjung akan meningkat seiring waktu.

Dengan meningkatnya pengunjung blog anda maka uang pun akan mengalir dengan sendirinya. So, bagaimana menurut anda ? apakah anda ingin tahu cara optimasi SEO blogger pemula ?

Title page

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah title page. Title page adalah judul dari halaman yang anda buat. Nanti akan saya bahas lebih detail tentang bagaimana cara merubah title page.  .  


Blog Description 

blog description adalah sebuah deskripsi yang menerangkan seperti apa isi dari keseluruhan halaman yang akan anda tampilkan. Setting disebelah kanan tengah, seperti gambar dibawah ini :

Blog URL

blog url adalah alamat halaman blog yang akan muncul pada internet browser, seperti pada gambar di bawah ini. Hal yang perlu anda setting adalah pada PERMALINK. jikalau kita melihat website dengan alamat url pakai angka, maka kemungkinan besar sulit untuk di crawl oleh google. blog URL seperti gambar di bawah ini :


Ketiga item diatas akan sangat berhubungan dengan hasil di mesin pencarian seperti gambar di bawah : 
ada title page ( warna biru ) , ada Blog URL ( warna hijau ) , ada Blog description ( warna hitam muda ) .... Lanjuuutttt....

Internal dan external link

Semua blog yang pernah saya baca membuat article tentang optimasi SEO tidak memperbolehkan memberikan external link, menurut saya external link tersebut sah sah saja. External link penting bagi mesin crawler google, karena dia akan mengetahui article yang anda buat berhubungan dengan external link yang ada. Selalu buatkan external link hanya tertuju ke blog yang relevant dengan tulisan pada halaman anda. Misalkan, jika anda menulis judul apel, maka external link anda diusahakan menuju blog yang berisi article apel , bukan tertuju ke blog yang berisi tulisan apple ( iphone ) , ngertikan yang saya maksudkan ?

Kalau untuk internal link juga seperti external link, usahakan nge link ke halaman blog anda sendiri yang ada dalam satu label / categroy.

Page Speed

Nah kalau yang ini berhubungan dengan on page dari halaman blog anda. kenapa ? ... karena kecepatan loading saat blog anda dibuka, sangat berpengaruh besar terhadap posisi blog anda di mesin pencarian google. anda bisa melihat seperti gambar dibawah ini ya :
caranya click aja link ini untuk nge cek : google page speed setelah itu click analyze

Sitemap XML

Dulu waktu google belum membuat sitemap untuk blogger, kita susah nyari xml untuk blogspot ini. Tapi sekarang , bagi yang menggunakan blogger sebagai platform websitenya sangat dipermudah oleh google. Anda tinggal daftar xml tanpa perlu membuat apa apa lagi, tanpa perlu menambahkan script apa apa lagi, tinggal submit sitemap di google webmaster tools disini. 

Artikel is the king

Tetap ya guys ... Artikel adalah merupakan bagian paling penting dalam Cara optimasi SEO blogger pemula . Tanpa artikel yang bermutu , halaman blog anda tidak akan mendapatkan rangking yang bagus di mesin pencarian google. Bagaimana cara membuat artikel yang search engine friendly ? ... Mau tahu.... pada artikel selanjutnya akan saya bahas lebih dalam lagi tentang bagaimana cara membuat artikel yang bisa dengan mudah untuk di crawl oleh mesin google. So, ... jangal lupa isi alamat email anda pada pojok bawah kanan blog ini ya.
Jadi setiap ada artikel yang baru dari blog ini , akan secara otomatis masuk / di informasikan lewat email anda.

Related Posts

Cara optimasi SEO blogger pemula
4/ 5
Oleh

2 comments